BLOGGER TEMPLATES AND IMVU Layouts »

Tata cara merakit PC yang benar


Sebelum kita merakit PC hendaknya kita siapkan bahan dan alat untuk merakit sebuah PC. Bahan bahan dan alat alatnya yaitu:
Ø  Bahan- bahan:
·         Casing
·         Power supply
·         Mainboard/ motherboard
·         Processor
·         Memory RAM
·         Kabel ATA
·         Heatsink
·         VGA card
·         Harddisk
·         CD/ DVD ROM
·         Pasta/ Gel pendingin

Ø  Alat- alat:
·         Obeng (- , +)
·         Tang buaya
·         Pinset
·         Gelang anti static

Langkah langkah cara merakit PC:
1.      Pertama siapkan alat dan bahan, tatalah dengan rapi bahan dan alat tersebut agar memudahkan kita dalam mencarinya.
2.      Pada saat pemegangan alat dan bahan itu tidak boleh salah, bahan disimpan ditangan kiri dan alat ditangan kanan agar memudahkan kita pada saat pemasangan.
3.      Setelah kita sudah memahami cara memegang alat dan bahan dengan baik dan benar sekarang mari kita memulai merakit PC.
4.      Pertama pakailah gelang anti static agar kita terhindar dari kejadian kejadian yang tidak diinginkan.
5.      Setelah memakai gelang anti static siapkanlah casing lalu pasang power supply kedalam casing lalu kencangkan dengan baut menggunakan obeng.
6.      Lalu setelah itu masukan mainboard kedalam casing lalu kencangkan dengan baut.
7.      Setelah mainboard terpasang kedalam casing lalu selanjutnya masukan processor ke socket processor, hati- hati pada saat pemasangan processor karena benda tersebut benda yang sangat sensitif, jadi pada saat pemasangannya jangan sampai pin tersebut mangenai tangan kita.
8.      Setelah processor menempel atau menancab ke socket processor, lalu processor tersebut berilah Gel pendingin dan setelah itu pasang heatsink diatas processor yang gunanya untuk mendinginkan processor yang terus menerus membaca data yang ada.
9.      Lalu setelah itu pasanglah memory RAM dislot RAM, pada saat pemasangan sebaiknya sebelah dahulu yang menancab lalu sebelahnya lagi agar kita tahu apakah memory tersebut terkunci atau tidak.
10.  Lalu setelah itu pasanglah VGA card ke slot AGP, pastikan agar VGA card tersebut tertancab pada slot AGP.
11.  Lalu setelah komponen komponen mainboard terpasang lalu sekarang kita pasangkan harddisk ke casing, hati- hati pada saat pemasangan harddisk karena jika piringan tersebut tergores maka akan terjadi bad sector. Jika harddisk telah terpasang maka kencangkan dengan baut menggunakan obeng.
12.  Lalu setelah pemasangan harddisk selanjutnya pasangkan CD/ DVD ROM kedalam casing, CD/ DVD ROM tersebut dipasang dari dalam keluar, setelah terpasang lalu kencangkan dengan baut menggunakan obeng.
13.  Setelah harddisk dan CD/ DVD ROM terpasang, selanjutnya pasang kabel ATA ke slot IDE l yang ada di mainboard untuk disambungkan dengan harddisk dan slot IDE ll untuk disambungkan dengan CD/ DVD ROM.
14.  Lalu setelah kabel ATA dipasang, pasanglah kabel power supply ke mainboard, harddisk, dan CD/ DVD ROM agar komponen komponen tersebut dialiri arus listrik.
15.  Setelah semua komponen terpasang lalu tutup dengan casing yang ada dipinggirnya lalu kencangkan dengan baut menggunakan obeng.

Sekian informasi dari saya, semoga anda bisa merakit PC yang baik dan benar.
Terima kasih.
Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.